Tuesday, October 20, 2015

Resep Roti ala Teflon

Holla..kepengen makan roti sore sore, nyari nyari resep tapi rata rata pada pake oven semua, berhubung belom punya oven jadi iseng lah bikin roti pake teflon.
Hasilnya sih emang nggak se kece roti yang dipanggang pake oven yang artinya punya api atas dan bawah yang notabene bikin roti waaaw banget hasilnya.

Tapi tapi tapi jangan kecewa dulu hasil roti pake teflon ini nggak mengecewakan kok, roti tetep bisa ngembang dan rasanya tetap empuk dan enak banget. Resep ini hasil modifikasi salah satu resep di cookpad dan gue lupa siapa penulisnya.

Bahan
250gr tepung terigu (gue pake bogasari kunci biru)
4sdm gula pasir
1sdm mentega
1/2sdm ragi instan
1butir telur
3sdm susu bubuk
150ml air hangat

Isian
selai nanas
dcc
sosis
(Isian ini optional aja suka isi apa, nggak ada isian pun tetep enak)

Cara Buat
1. Campurkan susu, gula, tepung, ragi, mentega dan telur dalam satu wadah lalu aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil uleni dengan tangan/spatula hingga semua bahan tercampur rata dan kalis.
2. Bulat bulatkan adonan (gue bikin 30gr/adonan) lalu susun adonan yang sudah dibulatkan, beri sedikit jarak lalu tutup dengan plastik atau kain serbet bersih. Diamkan adonan kurang lebih 1jam.
3. Setelah mengembang kempeskan adonan terlebih dahulu lalu pipihkan menggunakan rolling pin / gelas / botol.
4. Isi dengan isian sesuai selera dan bentuk sesuai imajinasi maunya bentuk apa.
5. Olesi teflon dengan mentega lalu panaskan, setelah panas susun roti diteflon diberi jarak karna roti akan mengembang. Olesi bagian atas roti dengan mentega lalu tutup.
6. Setelah beberapa menit cek bagian bawah roti jika sudah berwarna kecoklatan balik roti lalu tutup lagi teflonya sekitaran 5menit aja.
7. Angkat roti dan selagi panas olesin lagi dengan mentega.

NB
1. Jangan terlalu lama memanggang roti untuk menghindari roti menjadi keras. Ketika dirasa sudah matang langsung angkat.

2.Jangan lupa taburi tepung waktu nyusun adonan roti biar nggak lengket, dan waktu mengempeskan adonan beri lagi sedikit taburan tepung.

0 komentar :

Post a Comment