Tuesday, January 26, 2016

Resep Sambal Matah

Lagi kepengen makan yang pedes pedes, kebetulan mama juga lagi nggak selera makan dan biasanya sambalado adalah jawabanya. Liat digroup LE ada yang posting sambal matah khas bali dan langsung tergiur.

Hobi ngoprek reseppun disalurkan alhasil ada sedikit penambahan bahan dan berbeda dari resep yang dibagikan

Sambal Matah
Resep by Susan Oktarina
Recook and Modified by Putri Dewi A.R

Bahan :
15buah cabe rawit (gue make 35buah cabe rawit biar nampol)
10siung bawang merah (gue cuma make 4 siung)
4siung bawang putih (gue cuma make 2 siung aja)
4batang serai (gue make cuma 1 batang serai)
4lembar daun jeruk
1sdm terasi yang sudah dibakar terlebih dahulu lalu haluskan
1sdm air perasan jeruk nipis
1/2sdt gula pasir
1sdt garam (gue cuma make 1/2sdt)
5sdm minyak goreng (gue make 6sdm minyak goreng panas)

Bahan Tambahan diluar resep asli :
2buah cabe merah keriting di potong bulat atau serong
Ikan teri/ikan asin secukupnya (dipanggang sebentar lal7 digeprek geprek menggunakan ulekkan)

Cara Buat
1. Cuci cabe rawit, cabe keriting, bawang merah dan putih, daun jeruk dan serai kemudian iris tipis semua bahan kecuali cabe agak tebel dikit biar berasa.
2. Campurkan semua irisan tadi lalu tambahkan dengan terasi, ikan asin, gula, garam lalu aduk hingga rata kemudian remas dengan tangan yang sudah dilapisi plastik (gue mengakalinya dengan cara digeprek geprek pake sendok doang) lalu icip rasa.
3. Setelah semua bahan tercampur tambahkan minyak goreng sesuai selera sebenernya d terakhir beri air perasan jeruk nipis, dan siap disantap.

NB
1. Untuk menghilangkan rasa langu bawang mentah sebaiknya menggunakan minyak goreng yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.
2. Jika menggunakan penambahan ikan asin maka kurangi takaran garam, masukkan sedikit sedikit dulu lalu icip rasa.

0 komentar :

Post a Comment