Wednesday, January 29, 2014

Operasi Gigi Bungsu (Part I)

Masi ingetkan tentang cerita gue dipart sebelumnya tentang menyakitkanya kalau lagi sakit gigi apalagi itu sakit gigi karena gigi bungsu yang numbuh. Kalau belom baca ceritanya silahkan baca aja di "Lebih Baik Sakit Hati" (khusus buat yang kepo aja sih ya). Dan seperti janji gue waktu itu gue bakalan ceritain prosesnya di bagian ini.
Waktu itu gue akhirnya mutusin buat ketemu sama dokter spesialis gigi yang udah jadi langganan tetap sekeluarga. Dokternya nyaranin gue buat ronsen gigi di RSU Aisyiyah Muhammadiyah Padang, tapi dengan syarat pipi gue musti gak bengkak lagi dan bisa dibuka gede alhasil gue musti minum obat lagi dan nanah yang bikin gigi bungsu infeksi musti dikeluarin lagi.

Saran dokter setelah tiga hari gue konsumsi obatnya gue musti langsung ronsen dan ngebawa surat rekomendasi yang dia kasi dan diamanatkan suruh kasih ke bagian radiologi rumah sakit.
Dan setelah sekian lama menunggu gue akhirnya ke RSU Aisyiyah sambil bawa surat yang entah apa isinya, nyampe diradiologi gue disambut oleh asistenya dan gue disuruh nunggu. Enaknya dirumah sakit ini semuanya serba cepet gue cuma butuh waktu kira kira 20 menit dari ronsen ampe dapet hasilnya.
Pas ketemu sama dokter yang mau ngeronsen gue dirsuruh buka mulut yang lebar tapi seberapa keraspun usaha gue buat buka mulut tetap gak bisa, FYI pipi gue masi rada bengkak dan masi susah buka mulut dan yang gak kalah pentingnya infeksinya masi sakit banget waktu itu.
Dengan usaha keras penuh keyakinan dan semangat dokter tanpa sarung tangan itu masuk masukin film ronsen dengan maksa dimulut gue, padahal gue udah sikat gigi + kumur kumur *fiyuh*. Biaya ronsen cukup terjangkau 50ribu per satu kali ronsen, karena gue ronsenya kiri kanan jadi kena 100ribu.

nih penampakan ronsenya minimalis banget ukuranya
Setelah dapet hasil ronsen gue ke klinik tempat dokter giginya, gue ngasih hasilnya dengan harap harap cemas dan kecemasanpun menjadi jadi setelah dia bilang gigi bungsu gue harus diangkat kiri dan kanan karena posisi numbuhnya sembrono banget. Ternyata gue baru tau gigi bungsu yang bermasalah itu bisa turun temurun jugak, soalnya nyokap gue giginya juga gitu dan dioperasi juga. Singkat cerita setelah disuguhi cerita horor tentang gigi yang bermasalah ini gue pun bikin janji sama dokter buat dioperasi, si dokter manjatuhkan pada tanggal 30 November 2013 soalnya beliau mau ke korea dulu selama seminggu *ikuuttt doookkk*.

penampakan gigi bungsu sebelah kanan gue nan eksotis itu
Jeng jeng jeng hari yang tak dinantipun datang, dengan cemas cenderung takut dan frustasi gue dateng ke klinik buat menyambangi sang dokter dan waktu itu hujan rintik rintik (hubunganya apa coba??). Gue masuk ke ruang praktek beliau gue dikasi motivasi dulu dan cuss gigi gue disuntik (bius) dan itu rasanya sakit banget pas disuntik. FYI sebelum gue ke klinik gue makan yang banyak dulu atas saran dibuku raditya dika yang pernah berbagi pengalaman operasi giginya dibuku Manusia Setengah Salmon.
Operasi berlangsung sangat menegangkan solanya gue tegang, dari ujung kaki ampe ujung rambut rasanya dingin semua. Gigi yang mau dioperasi ini adalah gigi bungsu sebelah kanan, setelah kebal lalu daging yang masi nutupin gigi bungsu itu dibelah, gak lama dimasukin pemotong (gue gak sanggup liat alatnya) tapi gue tau itu pemotong dari bunyinya soalnya gue cuma dibius lokal. Kalau diibaratin selama satu jam pertarungan buat ngankat satu gigi itu gue ngibaratinya gigi nya kayak sekrup yang keras. Soalnya walau udah dibius pas giginya diangkat rasa nyerinya luar biasa, gigi gue berasa lagi dipelintir secara membabi buta dan alhamdulillahnya dokternya sabar dan ngasi tau kalau pas diangkat gitu emang sakit banget, bius aja udah abis dua botol emang gak bakal mempan dibius. Dan gue selalu disuruh rileks gak boleh tegang karena itu bakal bikin urat dibagian gigi ikutan tegang dan makin susah diangkat (pada saat itu gue berharap ada uya kuya disamping gue buat bikin gue rileksasi).
Karena gigi gue yang emang udah sering bolak balik infeksi dan bernanah jadinya akar gigi gue itu rapuh, tiap kali mau diangkat selalu patah. Gue didalam hati selalu motivasi diri gue "gue gak mau sakit sakitan terus, gak mau minum obat mulu, gue mau sembuh dan harus sembuh". Setelah sumber penyakitnya diangkat dan akar gigi pun diangkat operasi pun selesai.

Satu jam yang sangat mengerikan karena gue sangat amat takut dengan yang namanya "rasa sakit". Gue minta bekas operasinya gak dijait dan pas operasi dokternya emang berusaha banget buat itu. Pasca operasi cuma sejam doang pendarahan dan itu cuma dikit dikit doang dan pas malemnya gue gak makan apa apa, cuma minum susu aja. Selanjutnya gigi gue mulai berasa ngilu selama seminggu ntah kenapa tapi gue nanya ke yang pernah operasi mereka juga ngerasain hal yang sama dan gue makan bubur selama 3 minggu pasca operasi, lamanya makan nasi bubur karena gigi sebelah kiri gue ada yang bolong jadi susah buat ngunyah. Setelah 3 minggu lubang bekas gigi pun udah menutup gue langsung bisa makan kerupuk (indahnya hidup)..
Gue operasi diklinik Yarsi Sumbar, dijalan proklamasi padang, dokter yang menangani gue namanya Drg. Wita Fitriani dengan biaya sebesar 1juta per satu kali operasi diluar obat. Masi ada satu gigi lagi tapi gue masi mikir mikir selama gak kambuh dan gak bahaya gue gak bakal operasi dulu gigi ini, soalnya ada trauma. Tapi kalau punya masalah sama sibungsu ini harus tetap diangkat kalau membayahakanya udah kaya gue yaitu sering infeksi alias bernanah dan bengkak soalnya bakal lebih parah lagi penyakit yang timbul salah satunya kista. Jadi lebih baik mencegah dari pada terjadi hal yang makin seriuskan. Semangat!!!!!

2 komentar :

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
  1. salam kenal mbak... apa gigi bungsu kalo dicabut itu ga pake dijahit bekas gusinya aman2 saja ya? coz gw jg mau cabut geraham bungsu.. oh ya, di artikel ini geeraham kiri mbak ada yg bolong, apa ditambal juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah udah expired ini comment ya, gue baru ngecek ngecek maaaff bgt..
      terus mas udah jadi operasinya sekarang?? sejauh ini udah mau satu tahun gpp karena pas operasi daging di gigi itu nggak dibelah sama dokternya giginya aja yang dipotong pake alat kaya semacam gerinda gitu, gigi kiri nggak ditambal makanya makan buburnya lama nunggu bekas operasinya sembuh total, sebenernya kalau gigi kiri nggak bolong dua hari pasca operasi udah bisa makan nasi :D

      Delete