Monday, November 18, 2013

Selamat Jalan "Papa"

Tepat jam 21.00 WIB semalem hari minggu tanggal 17 November 2013 ditelfon abang malem malem, biasanya dia gak pernah nelpon kecuali suatu yang mendesak dan urgent banget banget.
Tau tau dapet kabar kalau pak uo meninggal dunia dan dia dapet smsnya jam 11 siang dan baru kebacanya jam 9 malem (terlalu banget)...

Pak Uo (Pak Tuo) atau dalam bahasa indonesianya Pak Tertua, beliau sepupunya ayah..muda dan sampaii akhir hayatnya beliau tinggal dijakarta, sedikit banget kenangan gue tentang beliau. Cuma satu kali gue pernah ketemu dengan beliau waktu beliau liburan ke padang dan nginap disebuah hotel, gue diajak bareng ayah buat nyambangin beliau.
Kesan pertama ketemu luar biasa, orangnya tinggi hidungnya mancung berkulit gelap kalau didefinisiin mirip mark sungkar, FYI keturunan dari pihak ayah itu campuran india nyerempet ke arab dikit jadinya juga berimbas ke gue yang kulitnya kagak putih.
Beliau pensiunan dari kementrian perdagangan, dalam keluarga besar ayah beliau yang paling sukses, dari kesuksesan itu beliau membantu sodara sodaranya, banyak jasa yang udah diperbuat beliau semasa hidupnya terutama juga buat keluarga gue

Kenapa judulnya "Papa" pasti bertanya tanya kan??, semenjak ayah meninggal dunia pada januari 2004 itu berimbas pada kehidupan keluarga gue, ibarat kapal kehilangan nahkoda terombang ambing gak tentu tujuan, gue bukan dari keluarga berada tepatnya menengah kebawah (cenderung ke bawah dari pada menengahnya). Semenjak kepergian ayah itu beliau lah yang gantiin posisinya dalam arti ngebiayain sekolah gue dan abang terutama abang, dan dari situ beliau bilang jangan panggil dia "pak uo" lagi tapi panggil dengan sebutan papa biar gak ada jarak antara kami dengan beliau.

Berkat jasa beliau juga sekarang abang gue udah bisa dibilang sukses, dan kerja di kementrian keuangan, semasa abang kuliah di STAN beliau yang bantu ngasi uang bulanan, dan sewaktu abang juga mau berangkat pendidikan ke kalimantan juga atas bantuan beliau, kalau gak ada papa gak tau gimana.
Mungkin abang gue juga gak bisa pendidikan ke kalimantan, mungkin juga gue gak bisa kuliah.
Jasa papa yang begitu besar selalu gue kenang sampai saat ini.

"Makasi pa, selamat jalan semoga amal kebaikan selama hidup yang papa perbuat diterima disisi ALLAH SWT, aku berharap kita bisa bertemu lagi disana bersama ayah...maaf karena belum bisa ngeliat papa kesana tapi suatu saat semoga aku bisa *aammmiinn*"

Gue sengaja nulis gak terlalu sedih karena gue gak pengen sedih, gue cuma ingin mengingat kenangan bahagia yang gue punya tentang beliau walaupun sedikit, dan menulis ini sebagai pengingat dikala gue lupa

0 komentar :

Post a Comment