Wednesday, November 12, 2014

Tahu Kremes Ala Tepung Instant

Dulu waktu jaman kuliah ada yang dagang tahu pake tusuk menyerupai susunan sate, tahu kremes nyaris gondrong banget sangking banyak kremesnya nempel. Waktu itu harganya Rp 1000,- per tusuk dimakan pake saus sambal instant. Beberapa hari ini selalu kebanyang banget rasanya tahu kremes dulu, berhari hari rasanya tahunya menggelantung ditenggorokan nggak ilang - ilang (bayangin aja gimana susahnya nahan).
Akhirnya kepikiran buat browsing di google gimana cara bikinya, banyak cara dan berbagai macam teknik deh yang diajarin, lain penulis lain caranya hahaha.

Rasa tahu kremes yang berhari hari menggelantung ditenggorokan ini semacam rasa tahu dengan tepung instant, kerasa merica mericaan gitu, keinget tepung instant buat ayam kremesnya Kobe dan nitip buat dibeliin mama pas kepasar tapi karen nggak ada jadinya pilihan nyokap jatuh ke Sajiku tepung bumbu serba guna. Nggak nyesel juga kok soalnya rasa tahu yang dulu gue makan itu mirip sama ini.

Sajiku Tepung Bumbu Serba Guna (source : dokumentasi pribadi)
Sebelum dimasak pake tepung, tahunya terlebih dahulu gue goreng sebentar nggak sampe kering kalau sampe kering rasa tahunya udah nggak ada lagi rasa kerak doang yang ada. Pertama nyobain pake tepung kering tepung basah dulu tapi hasilnya tetep nggak muncul kriwilnya, setelah itu dieksperimen kedua pake tepung basah aja cuma kecenceran jadi malah buyar tepungnya pas digoreng.
Perjuangan berlanjut ke percobaan ketiga dengan tetap pake tepung basah yang dibikin agak kental dan berhasil, tahunya ada kriwil kriwilnya. Bumbunya cuma tepung instant sajiku serba guna doang udah nggak ditambahin apa - apa lagi soalya kalau ditambahin garam lagi atau "sesuatu" lagi rasanya pasti lebay cobain deh kalau nggak percaya.

Hasil eksperimen ke 3 (source : dokumentasi pribadi)
Ah akhirnya terbayar sudah nostalgia tahu kremes jaman kuliah dulu, mungkin kalau dicari lagi ke daerah deket kampus udah nggak ada yang jualan ini lagi kali ya. Tapi yang penting sekarang kapan pun kepengen bisa bikin sendiri dirumah hehehe.

0 komentar :

Post a Comment